Situs

Mengenal Situs Beteng, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro di Jember: Sejarah dan Makna Budayanya

Situs Beteng merupakan sisa kejayaan Kerajaan Majapahit. Beteng dalam bahasa Jawa atau benteng dalam bahasa Indonesia ini dibangun oleh Raja Kertabumi atau terkenal dengan sebutan Brawijaya V. Pada waktu itu Majapahit diserang oleh Raden Patah yang juga masih anak turun Raden Brawijaya V.

Setelah kerajaan Majapahit berhasil dikalahkan, Raja Brawijaya dan seluruh pasukannya lari ke Tengger. Raden patah belum puas dan nekat mengejar Brawijaya sampai ke Tengger. Terus terdesak, Brawijaya lari ke arah timur dan akhirnya masuk ke Jember dan menemukan daerah lapang di daerah ini.

Kemudian dia mendirikan benteng pertahanan. Situs ini awalnya ditemukan oleh seorang warga yang hendak mencari kayu bakar pada tahun 1939. Warga tersebut kaget karena telah menemukan hamparan tanah seluas 5 hektar di tengah hutan.

Gundukan tanah, puing-puing bangunan dari batu bata dengan tinggi 2,5 meter serta tebal 80 cm merupakan hal-hal yang ditemukan saat itu di tempat tersebut. disalah satu sisi candi tersebut ditemukan sebuah sumur yang tidak pernah kering walaupun di saat musim kemarau sekalipun. Dengan ditemukannya sumur tersebut, para warga sepakat untuk memfungsikannya sebagai tempat bertapa dan pagelaran wayang yang masih dilakukan hingga saat ini.

Saat ini, kondisi situs beteng cukup memprihatinkan. Kerusakan situs ini diakibatkan oleh faktor alam dan vandalisme. Masyarakat sekitar banyak melakukan pengrusakan terutama pada tahun 1965 saat terjadi sentimen ras dan kerusuhan.

Daftar referensi:

Pemerintah Kabupaten Jember. (n.d.). Destinasi Wisata Situs Beteng. Diakses dari https://www.jemberkab.go.id/destinasi/situs-beteng
Direktorat Jenderal Kebudayaan. (n.d.). Sidomekar. Diakses dari https://situsbudaya.id/sidomekar
Pemerintah Desa Semboro. (n.d.). Sejarah Situs Semboro. Diakses dari https://semboro.desa.id/situs-semboro
Sujatmiko, E. (2017). Kajian Arkeologi Situs Semboro Jember, Jawa Timur. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/259409-kajian-arkeologi-situs-semboro-jember-ja.pdf

Scroll to Top