Candi

Candi Deres di Gumukmas, Jember: Harta Warisan Budaya yang Berharga

Indonesia kaya akan warisan budaya, salah satunya adalah berbagai candi yang tersebar di berbagai daerah. Candi Deres di Gumukmas di Jember merupakan satu-satunya peninggalan Hindu berupa candi yang terletak di Jawa Timur. Pada deskripsi kali ini , kita akan menjelajahi sejarah, keunikan, dan pentingnya Candi Deres di Gumukmas, Jember sebagai harta warisan budaya.

Candi Deres terletak di Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Jember. Candi ini didirikan pada abad ke-14 Masehi pada masa kerajaan Majapahit era Hayam Wuruk (1359) saat mengadakan perjalanan panjang (tirtayatra) keliling Jawa Timur dengan jarak tempuh sekitar 1700 kilometer.

Kini, bangunan yang terbuat dari batu bata besar khas Majapahit inii kekuatannya ditopang dan dicengkeram pohon beringin. Dalam Kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca (Dang Acarya Nadendra – Petinggi Agama Budha (Dharmadyaksa ring Kasogatan) disebutkan bahwa perjalanan Hayam Wuruk yang juga didampingi Mpu Prapanca sebagai sastrawan istana, telah melalui beberapa desa (daerah) yang sekarang namanya sebagian belum berubah.

Batu bata merah yang digunakan dalam pembangunan Candi Deres menjadi bukti bahwa bangunan tersebut dibangun pada era Majapahit karena batu bata merah merupakan khas dari Majapahit. Terdapat guratan motif sulur melengkung dan memanjang seperti hasil guratan jari pada batu bata merah yang digunakan. Serta ukurannya sangat besar dan tampak seperti melalui proses pembakaran yang baik. Pemerintah setempat merasa khawatir untuk merekonstruksi bangunan Candi Deres karena struktur dasar bangunannya sudah rapuh.

Kesimpulan: Candi Deres di Gumukmas di Jember merupakan harta warisan budaya Indonesia yang berharga. Kedua candi ini memiliki sejarah dan keunikan arsitektur yang memperkaya pengetahuan kita tentang masa lalu Indonesia. Pentingnya melestarikan dan menjaga candi-candi ini sebagai bagian dari warisan budaya adalah tanggung jawab kita sebagai generasi penerus. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa Candi Deres tetap berdiri kokoh dan menjadi saksi bisu kejayaan peradaban Indonesia.

Daftar referensi:

Mulyati, S. (2012). Sejarah Kebudayaan Jember. Jember: UPT Percetakan UNMUH Jember.
Wiryono, M. (2008). Pariwisata Sejarah: Mengelola dan Mempromosikan Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Jenderal Kebudayaan. (1992). Candi-candi Indonesia: Potret Keagungan dan Keindahan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulistyaningsih, S. (2010). Candi Gumukmas: Saksi Kehidupan Agama, Kearifan Lokal, dan Kebesaran Kerajaan Kediri. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.
Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Jember. (n.d.). Candi Gumukmas. Diakses pada 14 Juni 2023, dari https://www.jemberkab.go.id/id/page/candi-gumukmas

Scroll to Top